Wednesday, August 2, 2006

Jenis blogger manakah kamu?

Hmm.....sori nih...mungkin judul diatas terlalu mirip dengan judul artikel di majalah Bobo....tapi cuma itulah yang (lucunya) kepikiran ama gw......

Sebenernya, artikel ini cuma semacem tulisan selingan aja, soalnya gw sekarang lagi ngumpulin data-data soal Infotainment yang baru2 ini dicap "HAREM" eh "HARAM" sama PBNU. Yah...kita lihat nanti ajalah....soalnya kalo kebanyakan preview nanti beritanya gak "hot" lagi kan?

Oke, sebelum kita melangkah lebih jauh (^_^), marilah kita berdoa sejenak..eh maksudnya menarik napas, terus hembusin lagi supaya gak ada beban waktu ngebaca tulisan ini. Oke?

Dalam jagat blogosphere yang selama ini gw kenal dan kenali, ada dua jenis blogger (paling dasar) yang dapat ditemui. Jenis pertama, adalah blogger yang selalu menyertakan data pendukung, dan yang kedua adalah yang tidak pernah atau jarang menyertakan data pendukung dalam tulisan-tulisannya. Data pendukung ini bisa didapat dari mana saja, bisa dari website gratis macam Wikipedia, atau bahkan ada yang nyari di perpustakaan? Mana kita tahu lo! Back to the point, kedua jenis blogger inipun memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Tipe yang menyertakan data pendukung, akan lebih dipercaya oleh pembaca blognya karena dianggap tulisannya lebih relevan daripada tipe yang tidak menyertakan data pendukung. Tapi kekurangan dari tipe ini, adalah biasanya data pendukung lebih banyak daripada tulisan atau pikiran murni dari si penulis. Misalnya, di tulisannya ada seratus kutipan, tapi tulisan dia cuma 10 kalimat. Ini misalnya lho.....

Sementara tipe yang tidak menyertakan data pendukung, kadang lebih disukai oleh pembacanya karena tulisannya menjadi lebih "dia banget" atau sangat menggambarkan karakter si penulis. Ibaratnya, kalo yang ditulis itu gini, "eh dasar lo anj**ng buduk!!!" maka kita tahu gimana dia. Ya anjing buduk tadi.

Kekurangan dari blogger tipe ini, tulisannya jadi kurang terfokus, kadang tidak relevan, dan pembacanya lebih tersegmentasi, karena di jagat maya ini, orang milih2 dong kalo baca tulisan. Orang internet masih naudzubillah mahalnya!!! (kok jadi curhat....)

Nah....udah tahu kamu blogger tipe apa? Yang pasti, kalo gw nih....udah pasti tipe yang kedua (tidak menyertakan data pendukung). Karena, selain gw lebih sering nulis menggunakan notepad lalu di-copy-paste ke blog publisher, gw juga jadi bingung sendiri kalo terlalu banyak data pendukung. Gak tahu deh apa yang dibingungin. Mungkin gw kurang makan ikan asin kali ya?

Terakhir, tolong semua yang baca tulisan ini reply di comment dibawah ini, dan kasih tahu gw lo blogger tipe apa, karena ini juga peer dari guru gw.

Plis......

13 comments:

Anonymous said...

waaahhh, kalo utk tulisan pribadi, apa hrs dicantumkan sumber2 na???
well,... masuk kategori apa yaaa???

*mikir-mikir*

desan said...

tergantung kebutuhan lah.. kalo butuh data ya nge-link.. kalo cerita pribadi buat apa :)

Vendy said...

ada tipe campuran ? *lol*

bazzbeto said...

setuju dgn desan....
tp kayanya gw selama ini kebnykan ga pake data ya... soalnya lbh bnyk tulisan pribadi...:D

Anonymous said...

hehe.. buat aku, blog cuma tempat aku untuk menuangkan segala ide, unek-unek, sumpah serapah, opini, pengalaman, info, dan berbagai hal narsis dan menjijikkan lainnya..

menurut aku sih tergantung apa yg kita tulis. kalo emang kita mo ngasih info, maka kita semestinya memberikan data dan referensinya. tapi kalo cuma pengalaman pribadi atau opini ya ndak perlu pake referensi..

tapi memang akan lebih bagus jika kita menyertakan referensi ke dalam tulisan kita sehingga tulisan kita bisa dipertanggungjawabkan..

eh, ini komen apa posting ya?

Anonymous said...

gw setuju ma zam. bwt gw blog adalah t4 gw curhat n ngeluarin uneg2. n kalo ternyata kita butuh data pendukung, ya monggo cari datanya n jangan lupa sertakan referensinya *at least sumbernya*. tapi kalo cuma mo curhat karna lagi kesel ato seneng ato sedih ato geli khan gak usah pake data pendukung jg gpp. ya gak??

p.s. hai.. salam kenal... :)

Anonymous said...

Type yang ke tiga gabungan type pertama dan kedua. Diblognya akan ditemui tulisan-tulisan dengan menyertakan sumber berita. Bisa berupa link ataupun copy paste langsung dari aslinya. Ini menunjukkan kepeduliannya akan hak cipta. Bisa juga di blognya ditemui ulasan atau tulisan tanpa sumber berita jika jika ia ingin mengekspresikan isi kepalanya atau jeritan hatinya.

Salam dari Sumbawa Islands ...
Peace On Earth

Haditya's said...

gw yang pertama deh sepertinya..

tapi ga nutup kemungkinan kalo gw juga bisa jadi seperti tipe yang kedua, karena gw juga sering nulis `oikiran` gw sendiri, dicampur juga dari materi yang gw dapet dari situs2 lain..

yang jelas, kalo blog gw itu, lebih ke personal deh kaya`nya, life-journal, e-diary ato semacamnya..

maklum, hobi curhat... hehehe =)

Yati said...

gw masuk mana nih gah? serius campur pribadi? hihihi, keknya ya! kalo gw ngambil data dari sumber tertentu, gw sebutin lah sumbernya. tapi selama ini sih, datanya banyakan gw dapet dan diolah ndiri tuh...Kalo postingan curhat, ya curhat, tapi tetep harus ngasih point biar org lain bisa 'ngambil sesuatu' dari blog gw...

farahPutri said...

kayanya gw tipe yang 2 n 3 deh..soalnya gw paling gak bisa ngomong kalo gak ada fakta..tapi gak copy-paste juga..karena gw anti copy paste!*hidup kampanye*hehehe..

ester said...

gue kayaknya tipe yang kedua deh. ini kan blog pribadi. kalo mau ngebahas satu topik yang real, sertakan aja sedikit kutipan, selebihnya adalah pembahasan dr sudut pandang yang punya blog.
soalnya kalo emang mau data mentahnya, mendingan pembaca ke sumber linknya aja langsung atau ke wiki pedia. blog buat gue sarana buat numpahin isi di kepala dan di hati. hehehee....

Anonymous said...

Keep up the good work flight training saab 340 stall speed what is protonix Movie plots with lamborghini&aposs in them atopic+eczema+treatment overnight protonix Natural impotence cure venlafaxine 10 protonix Fluoxetine hydrochloride msds generic celebrex 200 mg fixing facial asymmetry without surgery Spikeless running perfume cosmetics Micro digital video cameras Dance club protonix msds Fluoxetine capsules 20mg uses Kia iraq cemitary unique baby gift 2b sport 2b baseball friends ross answering machine

Anonymous said...

Wonderful and informative web site. I used information from that site its great. internet baccarat Review of bluetooth headsets 2005 Zoloft and diziness Answering machine pager freeware A and e trailer awnings New toyota mr2 Months on accutane Gary edelston insurance service