Tuesday, February 14, 2006

Arti kebersamaan dan cinta (Valentine's Special)

Kebersamaan. Apa sih kebersamaan? Gw menulis artikel ini bersama nyokap yang lagi nonton tv, sementara kakak gw lagi nyanyi. Apa ini yang namanya kebersamaan? Gw gak punya kamus besar bahasa Indonesia. Jadi, gw gak akan menulis arti kata itu dari sisi akademis, tapi dari sisi gw sendiri.


Kebersamaan, menurut gw merupakan perasaan dimana manusia satu merasa terbantu dengan hadirnya manusia lainnya di dekatnya. Kebersamaan, mnenurut gw bisa juga dikatakan sebagai persaan terjaga, cinta, atau segala perasaan yang melibatkan lebih dari satu manusia. Tapi, kembail lagi, bila kita menelaah lebih lanjut pengertian gw tentang kebersamaan, maka bisa ditarik kesimpulan kalau manusia satu merasa terganggu dengan kehadiran manusia lainnya, itu bukan kebersamaan. Tapi, bukankah cinta adalah perasaan tidak menuntut dimana perasaan ini hadir dikala manusia sedang susah maupun senang? Atau sebaliknya? Karena, dengan banyaknya perceraian di kalangan artis kita sekarang, berarti definisi gw tentang kebersamaan bisa dibenarkan. Karena, bahkan dalam sisi akademis sekalipun dikenal istilah teori, dan praktek. Dalam hal ini, cinta sebagai perasaan tidak menuntut dalam susah maupun senang bisa dibilang teori, dan cinta/kebersamaan sebagai perasaan terjaga dan segalanya sebagai praktek atau faktanya. Namun, tentunya kita tidak bisa memukul rata segalanya seperti itu. Mungkin saja, ada cinta yang benar-benar cinta, seperti lagu Ternyata Cintanya Padi (loh, kok jadi begini?).

No comments: