Sunday, June 11, 2006

Pancasila? Alah.....teori!!!

Oke, gw tahu kali ini topiknya agak keberatan dipasang di blog yang garing ini, apalagi penulisnya masih amatiran lagi lol XD. Sebenarnya gw ngangkat topik ini karena gw lupa bikin artikel tentang Pancasila minggu lalu, waktu hari kesaktian Pancasila. Sekali lagi, kepikunan gw beraksi ^_^.Tp gak apa2, gw akan coba nulis....kan lebih baik terlambat daripada gak sama sekali....

Kalau kita perhatikan saat ini, Pancasila tuh udah terpinggirkan banget ya? Wujudnya lebih ke teori-teori omong kosong dan teriak-teriak karena takut dimarahin guru setiap senin pagi. Ideologi Pancasila bisa dibilang sudah tergantikan sama ideologi "Hutang sana Hutang Sini, soal bayar biar nanti" yang dianut oleh sebagian besar "pelayan" rakyat di Istana negara itu.

Kalau kita perhatikan lebih dalam lagi, sudah banyak orang-orang yang memaksakan pengertiannya akan Pancasila ke rakyat banyak hanya karena keinginan pribadi. Ii lebih tepat disebut....hem....kalo kata orang berpendidikan "usaha pelencengan arti Pancasila". Usaha ini jelas sekali terlihat, mulai dari Seoharto yang mengartikan Pancasila dengan strict atau keras, karena Soeharto mengaplikasikan Pancasila tanpa ada excuse apapun. Contoh, saat persatuan Indonesia yang ada di sila ke 3 Pancasila mulai terganggu dengan adanya gerakan Separatis di Aceh dan Timor Timur, Soeharto langsung meng"hilang"kan setiap orang yang berhubungan atau dihubungkan dengan kegiatan separatis itu.

Tapi Soeharto lupa, kalau di Pancasila juga ada "Kemanusiaan Yang Adil dan beradab" di sila kedua. Ini membuktikan kalau Soeharto tidak bisa mengaplikasikan Pancasila dengan benar. Dan untuk menutup-nutupi kelemahannya, Soeharto memproklamirkan dirinya sebagai "pecinta Pancasila" dengan membuat Ormas Pemuda Pancasila, dan memasukkan Pancasila sebagai salah satu pelajaran wajib di sekolah-sekolah.

Sayangnya, langkah Soeharto ini malah membuat kebencian rakyat terhadap Pancasila memuncak. Rakyat yang tidak mau mengerti kalau bukan Pancasilanya yang salah, tapi Soehartonya, menghujat Pancasila dan menganggap sebagai omong kosong yang gak ada gunanya.

Lalu Soeharto pun jatuh terguling. Pengganti-penggantinya? lihat saja sendiri....Gus Dur tidak bisa mengaplikasikan sila ketiga dan keempat, sedang Megawati dianggap tidak bisa mengaplikasikan sila kelima. SBY? Jangan ditanya. Lihat aja orang-orang norak yang ngaku betawi beriman, dan menghujat orang-orang yang beda otaknya sebagai KAFIR.

Jadi siapa yang bisa mengaplikasikan Pancasila dengan benar? Ternyata memang sulit. Karena Pancasila memang sangat perfect. Pancasila justru bukannya tidak aktual, malah sangat aktual. Coba saja artikan begini :
Saat kita mengaplikasikan sila kesatu, harus memperhatikan sila kedua.
Saat kita mengaplikasikan sila kesatu dan kedua, harus memperhatikan sila ketiga.
Saat kita mengaplikasikan sila kesatu, dua, dan tiga, harus memperhatikan sila keempat sebagai kuncinya.
Dan terakhir, semua jalan tidak boleh mengorbankan sila kelima yaitu : KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.

Sekarang, tanya saja diri sendiri. Apa di Indonesia sudah ada pemimpin yang bisa mengaplikasikan Pancasila sepenuhnya?

Kalau sudah terjawab, sekarang tanya lagi diri sendiri. Apa kalau ada orang yang bisa mengaplikasikan Pancasila denga baik dan benar kehidupan kita akan lebih baik?

Selamat bertanya.
----------------------------------------------------------------
Happy Birthday 4 me!!!! 11 Juni yang indah....
BTW, tadinya mo ngangkat topik soal SCTV yang dodol abiez....tp berhubung uda banyak blog yang ngangkat topik itu...gak jadi deh. Gw gak mo dibilang ngikutin soalnya

9 comments:

hiking said...

itulah saya sukanya pancasila, negara manapun punya ideologi sendiri komunis , liberalis, tapi pancasila kalo boleh jujur di buat dari gabungan itu semua, dari bangsa indonesia bisa mmbuat sebuad ideologi wuiiiih hanya tokoh tokoh besar yang mampu membuat ideologi, dan terbukti Ir,. Soekarno salah satu orang besar dapat membuat ideologi, sekelas marxis

Mau apa lagi indonesia, cuma kita yang tidak mampu mengaplikasikannya

pertanyaan apakah ideologi ini yang sudab bagus akan diganti oleh liberialisme barat, dimana anda berdiri sekrang, kalo merasa sebuah teori, ini teori yang bagus

makasih

gagahput3ra said...

tul king!
BTW, kok pake makasih segala??? XD

gitablu said...

aje gileee...si gagah ini tulisannya emang gagah2 semuanya...salut.....

Anonymous said...

paling tidak para pemimpin "berusaha" mengaplikasikan pancasila ke dalam dirinya dan rakyatnya. pancasila itu bagus dan mereka orang-orang hebat. bukan seperti "mereka" yang pencibir dan penyebar kebencian. :)

zam said...

Pancasila.. Mata kuliah ini gw dapet A heheh.. Lumayan, 3 sks bisa nambahin IP :D

Hareem said...

Hi! :)

Cuma Pancasila yang bisa bikin kita satu bangsa. Perjuangkan sampai titik darah penghabisan.. Jika ia dicabut paksa dari akar bangsa ini, kita pasti jadi kembang setaman yang mungkin cantik terpajang di dalam vas di atas meja.. tapi tunggu saja.. kita akan segera kering karena tak punya lagi akar.

Love,

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]compare office software, [url=http://firgonbares.net/]old quarkxpress program, torrent[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] kaspersky internet security 2009 and mcafee buy sat nav software
adobe creative suite 3 system requirements [url=http://firgonbares.net/]coreldraw 12 graphics suite downloads[/url] canada based software
[url=http://firgonbares.net/]Acrobat Pro[/url] software for office use
[url=http://firgonbares.net/]get oem software[/url] buy old versions of photoshop
buy used adobe software [url=http://firgonbares.net/]software purchase canada[/b]

Anonymous said...

[url=http://murudobaros.net/][img]http://murudobaros.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]top rated educational software, [url=http://murudobaros.net/]how to buy microsoft software[/url]
[url=http://murudobaros.net/]adobe software educational[/url] software reseller contract student discount software uk
to buy the software for [url=http://murudobaros.net/]quarkxpress license key registry[/url] discount adobe photoshop cs3 extended
[url=http://murudobaros.net/]sale software used[/url] oem softwares
[url=http://murudobaros.net/]best photoshop to buy[/url] selling software through
microsoft office 2003 professional training video [url=http://murudobaros.net/]adobe photoshop cs3 activation[/b]

Anonymous said...

[url=http://bariossetos.net/][img]http://bariossetos.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]academic office software, [url=http://bariossetos.net/]education software sales[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] Software period discount office software
charity discount software [url=http://vonmertoes.net/]i buy macromedia flash[/url] academic software deals
[url=http://bariossetos.net/]coreldraw duplicate[/url] macromedia com software dreamweaver
[url=http://bariossetos.net/]Mac Poser 7[/url] largest selling software
line shop software [url=http://vonmertoes.net/]buy used dreamweaver[/b]